berita terbaru dan terbaik 2018 menuju terbaru 2019

Bagaimana Supaya Lolos dan Diterima di Perguruan Negeri

Advertisement

Advertisement
pada kali ini penulis akan sedikit share Tips Supaya bisa lolos dan diterima di Perguruan Negeri atau istilahnya PTN. tips ini saya sadur Ulang dari artikel yang ada di kompasiana.
berikut untuk tips-tipsnya:
Berikut adalah tips dan triks berdasarkan pengalaman saya.

1.Percaya DiriTau tidak bahwa sehebat apapun kita namun jika tidak percaya diri, hasilnya tidak akan maksimal.
Mari kita lihat atlet bulutangkis kita. Secara teknis dan kemampuan, kelas mereka sudah mendunia. Namun mengapa jika berhadapan dengan negara-negara lain, khususnya Cina, mereka sering kalah. Atau lihat juga atlet tennis. Mengapa pemain yang rangkingnya jauh di bawah selalu tertekan jika berhadapan dengan pemain top ten? Padahal secara teknis dan kemampun, mereka tidak jauh berbeda dengan petenis yang peringkatnya lebih tinggi. Jawabannya adalah satu “mental percaya diri”.

Sepandai apapun kalian, secerdas apapun kalian dan sekeras apapun belajar kalian jika tidak punya mental percaya diri, hasilnya pasti kurang maksimal.
Pertanyaannya? Bagaimanakah cara membangun kepercayaan diri? Kalau saya sih cukup sederhana:

a.tanam di otak kita bahwa semua peserta ujian masuk PTN mempunyai kesempatan yang sama!
b.anggaplah kalian seorang atlet atau gladiator yang siap bertarung untuk memperebutkan gelar juara. 
daftar perguruan tinggi negeri di indonesia

2.Prioritas Soal
Penilaian hasil ujian masuk PTN lazimnya menggunakan ketentuan: jika benar, point-nya +4, jika salah, pointnya -1 dan 0 point jika tidak menjawab. Betul bukan? Dengan sistem penilaian seperti itu, kerjakanlah materi ujian yang paling dikuasai, kemudian materi ujian yang tingkat penguasaannya di bawahnya dan seterusnya. 

Sedangkan materi ujian yang tidak bisa, tidak usah dikerjakan. Misalnya, untuk kelompok ujian IPS. Hari pertama, materi yang diujikan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika kalian merasa yang paling bisa adalah Bahasa Inggris, kerjakanlah terlebih dahulu. Kemudian materi ujian yang di bawahnya, misalnya Bahasa Indonesia yang tingkat penguasaannya di bawah Bahasa Inggris, dan seterusnya. Kalau saya dulu mengerjakan Bahasa Inggris terlebih dahulu karena merasa lebih bisa dibanding Bahasa Indonesia dan Matematika. Kemudian kerjakan Bahasa Indonesia, dan terakhir Matematika hanya dikerjakan 5 dari 25 soal.

3.Perbanyak Latihan Soal dan Try Out
Coba kalian amati dan perhatikan baik-baik. Soal-soal masuk PTN dari tahun ke tahun nyaris sama. Polanya kurang lebih juga sama. Bahkan tidak sedikit yang sama persis. Terus perbanyak latihan soal. Jangan pelit untuk membeli buku soal-soal persiapan masuk PTN.
Pengalaman saya, soal-soal latihan tahun-tahun sebelumnya nyaris 85% keluar diujian.

Selain itu, jangan lupa untuk ikut try out. Menjelang ujian masuk PTN banyak lembaga dan sekolah yang mengadakan try out. Janga ragu untuk ikut try out guna mengasah kemampuan kalian sekaligus mengetahui kelemahan dan kelebihan kalian pada masing-masing mata pelajaran. Pelajaran yang sudah lumayan dikuasai, terus dimantapkan sedangkan pelajaran yang masih setengah-setengah harus dan wajib bin kudu dipelajari lagi.
Ingat! Seorang petarung tidak hanya melulu belajar namun juga harus bertanding untuk menambah jam terbang, mengukur kemampuan dan kepercayaan diri.
Seperti yang saya bilang di atas, anggaplah kalian ini seorang atlet yang akan bertanding. Seorang atlet selain harus terus berlatih mengasah kemampuan juga harus bertanding di turnamen-turnamen untuk melatih mental dan mengukur kemampun.

4.Konsisten dan Disiplin
Tentukan berapa jam kalian bisa belajar setiap harinya. Masing-masing dari kalian bisa tentukan sendiri. Berapapun banyaknya jam untuk belajar, yang terpenting adalah konsisten dan disiplin. Belajar 2 – 3 jam per hari namun konsisten setiap hari, jauh lebih baik daripada belajar 15 jam tapi cuman sehari dua hari saja.
Selingi juga dengan hari libur yang bisa kamu jadual sendiri. Misalnya hari jumat. Hari pendek yang bisa dibuat untuk refreshing melepas letih dan penat. Jadinya tidak boring. 

5.Berdoa
Bagian terakhir, tentu saja berdoa. Selain kalian sendiri berdoa, minta doa dari orang lain terutama orang tua. Ingat! Kita manusia hanya mampu berusaha namun Tuhan yang menentukan segalanya. Mintalah pada-Nya agar diberi hasil yang terbaik.

demikian yang bisa penulis sampaikan, semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya.

sumber:http://www.kompasiana.com/lekok/5-tips-lolos-ujian-masuk-perguruan-tinggi-negeri-ptn_54f344f0745513942b6c6ea5

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Supaya Lolos dan Diterima di Perguruan Negeri