Iklan Header

Pentingnya Mengupayakan Pendidikan Anak Usia Dini




Pendidikan anak usia dini – Pendidikan merupakan modal mendasar yang wajib dimiliki oleh setiap bangsa dalam menyukseskan kemajuannya. Tidak heran mengapa setiap aspek masyarakat begitu mengedepankan pendidikan dan mewajibkan mengikuti pendidikan bagi setiap orang. Salah satu jenjang pendidikan yang sangat penting dan mendasar ialah pendidikan usia dini. Setiap anak yang lahir akan membutuhkan pelayanan pembelajaran yang tepat sehingga bisa disesuaikan dengan perkembangan emosional, intektual maupun sosial mereka.

Pendidikan Mendasar Saat Periode Kritis Untuk Anak Usia Dini

Pendidikan usia usia dini merupakan jenjang pendidikan yang harus ditempuh sebelum memasuki pendidikan dasar sebagai bentuk pengajaran dan bimbingan pada anak-anak saat mereka berumur 6 tahun. Pendidikan ini dilakukan dengan pemberian rangsangan guna membantu anak-anak agar siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih lanjut. Berdasarkan riset, kapabilitas kecerdasan yang dimiliki oleh orang dewasa sudah dibentuk dan dimiliki sejak anak memasuki usia 4 tahun. Selebihnya diperoleh dan didapatkan berdasarkan proses perkembangan pesat jaringan otak saat memasuki usia 8 tahun. Kapabilias tingkat kecerdasan yang dimiliki seseorang akan mencapai puncaknya saat anak memasuki umur 18 tahun. Setelahnya, meskipun sseorang melakukan perbaikan nutrisi maupun beragam upaya lainnya, maka tidak akan mempengaruhi perkembangan kognitifnya.
Singkatnya, dibutuhkan upaya yang besar untuk memberikan kesempatan bagi anak agar memperoleh perkembangan kognitif saat kurun waktu 4 tahun pertama. Dengan kata lain, pemberian pendidikan anak saat usia 4 tahun mampu menjadi investasi terbesar yang berdampak pada perkembangan kognitif anak untuk 14 tahun setelahnya. Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan pendidikan saat tahun bersinarnya buah hati Anda. Periode ini termasuk periode penentu hidup sang anak, karena inilah tahapan usia keemasan mereka. Ingat, masa ini hanya datang sekali dan pastikan Anda telah mempersiapkannya dengan perencanaan yang matang.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini

Berdasarkan penuturan Byrnes, pendidikan yang diberikan saat usia dini sangat penting untuk membentuk kesiapan anak dalam menghadapi masa depannya kelak, baik sehubungan dengan dunia sekolah maupun lainnya. Tahukah Anda? Terdapat dua tujuan penyelenggaraan pendidikan pada anak, antara lain:

  • Tujuan utama
Pendidikan pada usia dini sangat berguna dalam menciptakan karakter anak yang berkualitas. Anak-anak yang telah dibekali dengan pembinaan dan pembelajaran saat usia dini nyatanya jauh lebih siap dengan pembelajaran pada pendidikan dasar. Anak pada tahap ini telah mampu menjalani dan menerima kondisi di masa dewasanya, baik siap secara emosional, sosial dan intektual.

  • Tujuan penyerta
Guna mempersiapkan anak dengan pemahaman mengenai pelajaran-pelajaran di sekolah, sebut saja seperti tulis-menulis, pengetahuan sosial, pengetahuan alam, kesenian dan sebagainya. Hal-hal menyangkut akademik akan menjadi tujuan pembelajaran anak guna memberikan rangsangan intektual bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Penyelenggaraan pendidikan saat usia dini sangat menitikberatkan peletakan mendasar yang mengarah pada perkembangan kecerdasan daya pikir, kecerdasan emosi, daya cipta hingga kecerdasan spiritual. Lebih jauh lagi, pendidikan pada usia dini juga menyangkut sikap perilaku, bahasa, komunikasi serta agama anak-anak. Pembelajaran yang diberikan akan dipahami oleh masing-masing anak sesuai dengan kondisi tumbuh kembang mereka.

Sangat penting bagi para orang tua untuk memenuhi pendidikan yang layak bagi sang buah hati. Anak berkualitas bisa lahir dari orang tua yang berkualitas pula. Tidak ada alasan yang membuat anak harus luput dari pembinaan ini. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menciptakan buah hati yang layak dengan menunjang pendidikan anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel