berita terbaru dan terbaik 2015 menuju terbaru 2016

Tips Untuk Mengembangkan Bakat Anak

Advertisement

Advertisement
Semua anak memiliki bakat khusus yang perlu diperhatikan dan dipelihara sehingga pendidikan mereka di sekolah dan dalam kehidupan mereka selanjutnya menjadi lebih baik. Dahulu atau mungkin sekarang masih terjadi – dimana siswa atau mahasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris yang terbatas dari beragam budaya terabaikan oleh institusi pendidikan yang hanya menerim aanak-anak yang dianggap berbakat. Sekolah menggunakan definisi kecerdasan yang sempit dengan tidak memperhitungkan bahwa anak-anak dapat menunjukkan kemampuan mereka dengan berbagai cara, atau karena fakta bahwa beberapa anak mengalami kesulitan dalam menunjukkan bakat mereka.

Anak lahir dengan baka tterpendam yang perlu dicari tahu oleh para orang tua, karena mereka tidak bias melakukannya tanpa bantuan dari orang lain. Bakat atau keterampilan anak biasanya turun dari orang tuanya atau melakukan sebuah kebiasaan secara terus menerus. Jadi sebuah bakat itu bias dikatakan hasil dari sebuah ketelatenan atau kecintaan terhadap suatu hal. Untu kitu, agar dapat menemukan apa yang anak sukai dan bias menjadi keterampilannya ada baiknya Anda sebagai orang tua mencoba mengenalkan beberapa kegiatan akademik atau seni agar sianak merasakan dan memiliki pengalaman yang akan membuatnya memilih mana yang akan ia tekuni. Berikut tips yang dapat Anda lakukan selama proses mengembangkan bakat anak:

1.Terus Bersamanya Setiap Kegiatan
Anda merupakan orang yang akan ditanya terlebih dahulu jika mereka memiliki pertanyaan-pertanyaan tentang segala hal terutama kegiatan yang sedang dilakukan. Mereka biasanya akan bercerita mengenai kegiatan ini, apakah mereka menyukainya atau tidak serta semua keluh kesah mereka. Anda adalah orang yang perlu mendengarkan secara seksama apakah anak menikmati atau tidak agar dapat mengambil keputusan akankah kegiatan tersebut dilanjutkan atau tidak.

2.Fasilitasi Kebutuhannya Untuk Dapat Mengikuti Kegiatan
Setiap kegiatan pasti memerlukan alat atau perlengkapan untuk dapat melakukan aktifitas-aktifitas di dalamnya. Seperti sepak bola yang memerlukan sepasang sepatu, kaos kaki anak dan perlengkapan lainnya. Tidak mengapa jika tidak menggunakannya, tapi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan bias saja terjadi seperti cedera. Jika anak mempunyai hobi menggambar, Anda dapat memberikannya sebuah kanvas untuk dilukis atau buku gambar yang dapatdi gunakan untuk melatih anak mewarnai dan hiburan saat waktu senggang. Untuk itu fasilitasi kebutuhan dan perlengkapan anak untuk kegiatan yang sedang dijalankannya.

3.Akademik atau Seni
Memilih salah satu pilihan ini mungkin tidak sulit, karena kebanyakan orang tua akan otomatis memilih akademik sebab melihat masa depan akan terjamin dengan prestasi akademik yang baik. Namun, akademik itu tidak selamanya masa depan bagi anak. Ada aspek seni yang mungkin adalah hal da nmungkin bakat terpendam anak jika diasah akan menjadi hal luar biasa. Selama masa berkembangnya bakat anak, ada baiknya menyeimbangkan akademik dengan seni agar anak bias memilih yang mana untuk didalami berdasarkan kesukaan dan kenyamanannya.

4.Selalu Berikan Semangat Anak Anda
Dorongan semangat dari Anda adalah hal yang sangat tak ternilai bagi anak, karena dukungan Anda dapat membuat anak senang dan bersemangat selama mengikuti kegiatan. Jika anak Anda tidak mendapatkan hal yang diinginkan, ajarkan dia mengenai berbagi hal yang tidak bias didapatkan secara terus menerus dan disitu diaakan belajar berlapang dada serta sabar serta akan belajar untuk terus menekuni hobi atau bakatnya agar dapat menemukan ciri khasnya sendiri.

Sebagai orang tua yang baik harusnya mendengarkan dengan baik keinginan anak akan menjadi apa di masa depan sambil Anda membimbingnya dan memberikan banyak referensi serta pelajaran-pelajaran hidup sebagai bekal buah hati ketika sudah beranjak dewasa. Jangan memaksakan pada sebuah kegiatan atau hal yang tidak ia sukai, karena menurut Anda itu adalah penjamin masa depannya. Semoga tips di atas dapat membantu Anda mengembangkan bakat terpendam anak.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Untuk Mengembangkan Bakat Anak