Iklan Header

Peranan Pendidikan Bagi Anak Di Setiap Jenjang Pendidikan

peranan pendidikan bagi anak


Peranan pendidikan bagi anak begitu sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Pendidikan menjadi hal yang krusial untuk semua tingkatan umur. Tanpa pendidikan, manusia pasti merasa kosong tanpa penuntun hidup. Dengan pendidikan, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan mengenai kehidupan Anda, banyak orang, dan kepastian untuk kehidupan selanjutnya. Pendidikan akan mengajarkan segala hal-hal positif dan menjauhkan dari hal negatif.

Untuk itulah setiap umur mulai dari anak-anak hingga dewasa memiliki tingkatan pendidikan dengan pengajaran yang setiap tingkatan memiliki perbedaan menyesuaikan umur. Tingkatan pendidikan yang akan dilalui oleh anak-anak terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tingkatan-tingkatan tersebut memberikan peranan pendidikan bagi anak yang sangat membutuhkannya.


Taman kanak-kanak atau TK merupakan jenjang pendidikan anak paling dasar. Anda pasti mengetahui TK memiliki tingkatan TK nol kecil dan juga nol besar yang setiap tingkatannya akan semakin menaikkan level anak terhadap hal-hal yang harus diajarkan. Untuk jenjang TK anak-anak mulai diajarkan dasar dalam membaca, menulis, menggambar, menghitung, mewarnai, serta berdoa. Pendidikan di TK tidak menuntuk si anak untuk berpikir terlalu keras namun, tidak mengajarkan anak untuk selalu bermain setiap saat di setiap harinya. Di sinilah awal mula terbentuknya karakter dan kepribadian anak.

Peranan Penting Sekolah Dasar

Tingkatan ini akan naik menjadi beberapa level dari jenjang TK. Sekolah Dasar atau SD sendiri memiliki 6 tingakatan selama 6 tahun masa belajar yaitu SD kelas 1 hingga kelas 6. Di sinilah awal mula anak-anak mulai mempelajari berbagai macam bidang pelajaran dengan tingkat pengetahuan dasar. Di kelas 1 anak-anak masih mulai beradaptasi untuk bisa membaca, menulis, dan menghitung  dengan cepat serta tanggap. Pada kelas-kelas berikutnya, anak-anak sudah mulai dituntut untuk bisa menghafal dengan baik pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh para guru. Caranya, dengan mengulang kembali apa yang telah dipelajari bersama orang tua. Peran orang tua sangat dibutuhkan di sini.

Peranan Penting Sekolah Menengah Pertama

Setelah melewati Sekolah Dasar selama 6 tahun, anak-anak akan dihadapkan kembali pada jenjang berikutnya yaitu Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Pada jenjang ini anak-anak mulai merasakan perbedaan dalam hidupnya. Tumbuh kembang pada diri anak harus sangat diperhatikan oleh para orang tua serta guru. Pendidikan di jenjang SMP menjadi naik beberapa level dari jenjang SD dengan mata pelajaran yang lebih kompleks. Jenjang ini akan menunjukkan pada bidang apa anak akan merasa unggul dan nyaman dalam memahami suatu pelajaran. 

Peranan Penting Sekolah Menengah Atas

Sekolah Menengah Atas atau SMA merupakan jenjang yang akan mengakhiri dari wajib 12 tahun masa belajar. Di sinilah anak akan mulai beranjak semakin dewasa dari mulai tubuh, sikap, serta pemikiran untuk kehidupan selanjutnya. Pentingnya SMA pada anak-anal adalah memberikan gambaran apa yang akan anak-anak tuju ketika dewasa kelak dengan pendidikan yang telah didapatkannya. Anak-anak nantinya akan dituntut untuk fokus pada bidang pelajaran yang akan menjadi konsentrasi anak di jenjang pendidikan selanjutnya.

Jenjang-jenjang pendidikan di atas dilalui oleh setiap anak di Indonesia. Orang tua selalu menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan dengan baik dan lancar. Pada saat itulah keberadaan orang tua dan pengajar menjadi pendukung dan motivator yang penting untuk peranan pendidikan bagi anak

.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel