Iklan Header

Perlukah Mendaftarkan Anak Untuk Sekolah PAUD Sebelum Masuk TK?

https://udahpas.blogspot.com/2019/05/perlukah-mendaftarkan-anak-untuk.html


Anda pasti setuju bahwa pendidikan anak-anak bisa dimulai sejak usianya masih dini tentu dengan porsi yang sesuai dengan usianya. Namun pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para orang tua yang punya anak balita adalah: perlukah memasukkan anak ke sekolah PAUD atau pre-school padahal toh nantinya juga akan masuk ke TK? Tentu masing-masing orang tua punya alasannya sendiri untuk memasukkan anak ke PAUD sebelum ia masuk ke jenjang TK, begitu juga dengan para orang tua yang menolaknya. Pembahasan kali ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda untuk menentukan arah pendidikan anak usia dini demi masa depan terbaik.

Keuntungan memasukkan anak ke PAUD

Menurut Todd Grindal yang merupakan seorang ahli dari Harvard Graduate School of Education menyatakan bahwa pengalaman yang didapatkan anak pada usia dini akan sangat berpengaruh pada kehidupannya di masa depan. Karena faktanya ukuran otak balita akan mencapai tingkat 90% dari pertumbuhannya untuk mencapai ukuran otak dewasa  hingga usianya 5 tahun.

American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa anak usia balita sebaiknya mendapatkan pendidikan dini yang berkualitas di mana yang termasuk dalam pendidikan dini adalah pendidikan di rumah, pendidikan dan pengalaman anak di daycare atau tempat penitipan serta pendidikan dan pengalaman anak di tempat PAUD. Secara umum keuntungan memasukkan anak Anda ke sekolah PAUD adalah sebagai berikut:

1.     Anak yang sekolah PAUD memiliki tingkat prestasi yang lebih tinggi, menurunkan resiko tinggal kelas, dan meningkatkan kelulusan di tingkat sekolah menengah atas.
2.     Anak yang sekolah PAUD memiliki kesiapan mental yang lebih baik untuk masuk sekolah yang berpengaruh kepada mudahnya untuk bersosial dan mengikuti pelajaran di sekolah.
3.     Salah satu manfaat jangka panjang dari sekolah PAUD adalah pengembangan emosi dan juga sosial anak karena sejak usia dini anak-anak sudah belajar untuk bertoleransi ketika bermain dengan anak-anak lainnya.
4.     Anak yang bersekolah PAUD juga cenderung bisa lebih fokus pada satu hal, memiliki pemikiran yang terbuka, dan bisa mengontrol emosi. Hal-hal psikologis yang tentunya bermanfaat besar baginya ketika dewasa nanti.

Memilih sekolah PAUD yang tepat

Semua PAUD pada intinya adalah untuk meningkatkan kreativitas dan juga kemampuan sosial pada anak sebagai bagian dari pendidikan dini. Tetapi tentunya setiap sekolah punya kualitasnya masing-masing yang ditentukan oleh tenaga pengajarnya, fasilitas, dan tidak kalah penting adalah keamanannya. Bagi Anda yang ingin memasukkan anak ke PAUD, berikut adalah tips memilih sekolah yang direkomendasikan:

1.     Yang memiliki program trial
Saat ini banyak sekolah PAUD yang memiliki program masa percobaan sebelum anak benar-benar didaftarkan di sekolah tersebut. Anda bisa ikut program ini dengan tujuan untuk melihat kurikulumnya, kenyamanan anak berada di lingkungan baru, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknis misalnya apakah jadwalnya pas dengan aktivitas Anda, jaraknya dari rumah, dan sebagainya.
2.     Kenali gurunya
Guru di sekolah PAUD punya faktor yang sangat menentukan untuk perkembangan otak dan emosi anak. Luangkan waktu Anda untuk ngobrol dengan guru di PAUD, Anda juga bisa menunggu sambil mengawasi ketika masa percobaan untuk menilai sendiri apakah guru di sekolah tersebut punya rasa kasih sayang, kesabaran, kendali yang cukup, dan juga tanggung jawab terhadap anak didiknya.
3.     Biaya
Yang terakhir, tentu biaya juga harus dipertimbangkan. Sekolah PAUD atau pre-school yang mahal biasanya memang banyak fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan. Namun jangan paksakan diri karena PAUD sederhana di dekat rumah pun tentunya bisa jadi sarana pendidikan anak dan bermain yang bagus untuk anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel