Iklan Header

Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui



Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwasanya Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak manfaat.

Dan juga, jahe merupakan komponen utama dalam racikan ramuan obat dan minuman tradisional,

Akan tetapi pertanyaannya adalah, Ketika anda atau istri anda sedang hamil, apakah boleh mengkonsumsi Jahe? Tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah ada manfaat bagi ibu hamil sebelum anda atau istri anda mengkonsumsinya.

Menurut organisasi Committee on Toxicity of Chemicals in Food, Consumer Products, and the Environment, bahwasanya tidak ditemukan bukti ilmiah yang mengatakan minum jahe bagi Wanita hamil meningkatkan resiko komplikasi yang terjadi selama kehamilan.

Ini menyimpulkan bahwa jahe aman dikonsumsi disetiap tahapan kehamilan baik itu di trisemester pertama, kedua dan ketiga.

Namun untuk berhati-hati, alangkah baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi jahe. Dalam konsultasi tersebut kita dapat menginformasikan Riwayat penyakit yang sudah ada, dan itu akan menjadi penilaian oleh dokter, apakah boleh tidaknya anda menkonsumsi Jahe selama dalam kehamilan.

Apa saja manfaat bagi ibu hamil, berikut ulasannya;

  1. Mengurangi gejala mual dan muntah

Berdasarkan studi, menyebutkan bahwa sebanyak 80% Wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah di trisemester pertama kehamilan.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan gejala mual dan muntah yang kadang-kadang bertambah menjadi lebih parah akibat dari bau, makanan tertentu, panas, stress, dan lain sebagainya.

Kandungan senyawa dalam jahe tersebut, dapat meminimalisis rasa tidak nyaman di awal kehamilan.

Nama senyawanya adalah shogaol dan gingerol. Kedua senyawa yang terdapat dalam jahe ini dapat mempercepat proses pengosongan lambung, sehingga mampu membantu meminimalisir rasa mual yang ada.

Hal ini sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang dapat dipercaya, termasuk penelitian yang pernah diterbitkan dalam jurnal Integrative Medicine Insights.

Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwasanya pemberian jahe bagi Wanita hamil ternyata dapat meminimalisir mual dan muntah pada Wanita hamil dan juga pada pasien yang sedang menjalani kemoterapi.

  1. Meredakan nyeri otot

Keluhan yang sering dirasakan oleh Wanita hamil salah satunya adalah nyeri otot yang mana diakibatkan oleh lonjakan hormone dan perubahan signifikan pada tubuhnya. Pegal, kram paha dan pinggang dialami oleh Wanita saat sedang dalam kehamilan.

Nyeri dan pegal ini acap kali terjadi seiring semakin membesarnya ukuran perut terutama pada trisemester ketiga.

Tentu ini membuat tidak nyaman bagi Wanita hamil. Oleh karenanya, dengan mengkonsumsi jahe, ini dapat mengurangi nyeri otot yang sedang dialami oleh Wanita hamil.

Ini dikarenakan jahe juga memiliki senyawa antiperadangan.

Bisa dikutip pada situs Versus Arthritis, manfaat pada jahe ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi sekitar 510 sampai 1000 miligram jahe per hari.

  1. Dapat Melancarkan Pencernaan

Gangguan asam lambung pun acap kali dirasakan oleh Wanita hamil, ini dikarenakan juga karena perubahan hormon dan adanya tekanan kepala janin dalam perut.

Dalam studinya Food Science and Nutrition, senyawa yang sudah kita sebutkan di no.1 tadi yaitu gingerol dan shogaol pada jahe dapat membantu mempercepat pencernaan dalam lambung.

Oleh karenanya, lambung pada Wanita hamil akan lebih cepat kosong dan sehingga dapat meminimalisir kemungkinan asam lambung naik menuju kerongkongan.



Begitulah tiga manfaat dari jahe untuk Wanita hamil. Semoga Wanita hamil atau istri anda yang sedang hamil dilancarkan kehamilannya dengan mengkonsumsi jahe pada saat masa kehamilannya.



Semoga bermanfaat dan terima kasih.





Belum ada Komentar untuk " Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel