berita terbaru dan terbaik 2016 menuju terbaru 2017

Kandungan Manfaat Dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan

Advertisement

Advertisement

Manfaat temulawak memang telah terbukti dapat dijadikan sebagai obat alternatif penyembuhan berbagai penyakit. Tanaman yang banyak tumbuh di pulau jawa ini terkenal di kalangan masyarakat umum selain karena khasiatnya dapat digunakan untuk kecantikan namun juga bermanfaat dalam bidang kesehatan.

Manfaat temulawak untuk pencernaan

Salah satu manfaat temulawak yang paling diketahui banyak orang adalah sebagai obat bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan.  Proses pencernaan yang tidak baik dapat menghambat pertumbuhan tubuh dan proses metabolisme pada tubuh manusia. Tanaman temulawak yang di dalamnya terdapat kandungan kurkumin, turmerol dan pati telah terbukti dapat mengatasi masalah pencernaan tersebut. Cara penyajiannya pun sangat mudah, pati pada temulawak tersebut diambil dan diolah menjadi makanan halus yang mengandung banyak karbohidrat. Dengan rutin mengkonsumsinya, asupan karbohidrat yang dibutuhkan bagi orang penderita penyakit gangguan pencernaan akan tercukupi dan diikuti dengan nafsu makannya yang membaik. Proses buang air besar pun menjadi lancar dan bagi anda yang sering mengalami simbelit, meminum temulawak adalah solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Manfaat temulawak untuk hati

Selain khasiat diatas, senyawa kimia kurkumin juga bermanfaat bagi penderita liver. Karena zat tersebut terbukti dapat menghambat oksidasi LDL dan menurunkan kolesterol jahat. Dengan rutin mengkonsumsi kurkumin pada temulawak setidaknya sebanyak 500 gram setiap harinya, maka manfaat yang akan di dapatkan adalah menurunkan gula darah, peningkatan kolesterol baik atau HDL dan mengoksidasi sel-sel yang mengalami kerusakan atau yang disebut dengan proses lipid. Hasil dari penelitian medis juga menunjukkan bahwa senyawa kurkuminoid yang terkandung di dalam temulawak dapat berfungsi untuk menurunkan lemak darah dalam tubuh manusia.
Pada tanaman temulawak juga terdapat zat kalagoga. Kalagoga disini berfungsi memproduksi empedu dalam hati dan perangsang kantong empedu supaya kosong. Dengan begitu kesehatan fungsi hati dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya sampai disitu saja, temulawak juga terbukti secara medis dapat mengurangi atau menurunkan kerja enzim glutanate piruvat transaminase dan enzim glutamate oksaloasetat transaminase.
Manfaat temulawak manfaat temulawak bagi kesehatan lainnya adalah menghambat sel-sel leukosit yang menuju ke daerah radang melalui prostagladin yaitu tempat pembentukan dan transportasi mediator radang itu sendiri. Sekali lagi, kandungan kurkumin pada temulawak juga dapat berfungsi sebagai anti radang karena efeknya yang dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Kurkumin tersebut juga dapat berfungsi untuk menyerap radikal bebas seperti radikal hidroksil dan radikal anion sueroksid sebagai antioksida untuk memelihara kesehatan dan metabolisme tubuh. Bahkan di dunia medis, temulawak dapat berguna untuk pencegahan segala jenis kanker karena temulawak digolongkan dalam adaptogen yaitu obat-obatan herbal yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh melawan racun. Dan khusus untuk wanita hamil dan menyusui, temulawak dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau amis darah ketika haid dan untuk meningkatkan kualitas ASI.


Dengan banyaknya manfaat dan khasiat temulawak diatas, sudah saatnya kita memanfaatkan tanaman obat tersebut sebagai alternatif penyembuhan penyakit secara alami.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kandungan Manfaat Dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan